Manajemen Peserta Didik dalam Meningkatkan Displin Siswa

Penulis

  • Lailatul Adila Purba Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan

Kata Kunci:

Manajemen Peserta Didik, Meningkatkan Disiplin Siswa, Kedisiplinan Siswa

Abstrak

Penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, hambatan, dan solusi menghadapi hambatan pendidikan karakter dalam meningkatkan sikap disiplin peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan reduksi data, peyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen pendidikan karakter yang dijalankan terlihat dengan adanya program yang terukur dan kegiatan yang ada dalam lembaga pendidikan mengacu pada kepentingan mutu lulusan melalui implementasi manajemen yang baik. Dari pengelolaan sekolah tersebut, berdampak kepada pendidikan karakter dalam meningkatkan sikap disiplin peserta didik. Namun fakta di lapangan hal tersebut masih belum optimal dan hasilnya belum sesuai dengan yang diharapkan semua pihak. Hal ini di sebabkan adanya beberapa faktor yang di indikasikan sebagai penghambat, baik bersifat internal maupun eksternal. Sehingga lembaga pendidikan terus berbenah diri dalam menyelenggarakan program pendidikan karakter pada peserta didik. Solusi yang dilakukan dalam meningkatkan karakter disiplin peserta didik adalah dengan membangun sinergi semua pihak dalam masyarakat pendidikan untuk membangun budaya disiplin dalam kehidupan Sekolah. Rekomendasi yang diberikan adalah terkait penyusunan rencana program dan pelaksanaanya dapat dilakukan melibatkan semua stakeholders sekolah, sehingga semua elemen dalam stakeholders sekolah mengetahui peran, fungsi serta tanggung jawabnya. Selanjutnya setiap pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler sekolah tersebut perlu di evaluasi dalam rangka mengukur ketercapaian tujuan yang telah ditetapkan dan langkah-langkah perbaikan yang konkret ke depan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Anwar, S. (2015). Management Of Student Development. Tembilahan: Yayasan Insragiri.

Hambali, I. (2021). Manajemen Pendidikan Karakter Dalam Meningkatkan Disipilin Peserta Didik. Jurnal Ilmiah ilmu Pendidikan(4).

Mentari, E. G. (2020). Manajemen Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Hijaz Pustaka Mandiri.

Nurdin , D. (2009). Manajemen Pendidikan. Bandung: Imtima.

Suyadi. (2013). Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Syarifuddin. (2002). Manajemen Mutu Terpadu Dalam Pendidikan: Konsep, Strategi, dan Aplikasi. Jakarta: Gramedia.

Unduhan

Diterbitkan

05-11-2021

Cara Mengutip

Purba, L. A. (2021). Manajemen Peserta Didik dalam Meningkatkan Displin Siswa. IKAMAS: Jurnal Informasi Keagamaan, Manajemen Dan Strategi, 1(2), 1–9. Diambil dari https://ikamas.org/jurnal/index.php/ikamas/article/view/1