MANAJEMEN KEPALA MADRASAH DALAM MENUMBUHKAN PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA MASA PANDEMI COVID-19

Penulis

  • Salsabila Putri Lubis uinsu
  • Nurul Zanna Rambe Mahasiswa UIN SU Medan
  • Salmah Siregar
  • Amanda Geopani Damanik

Kata Kunci:

Manajemen Kepala Madrasah, Pendidikan Karakter, Pendidikan Karakter Masa Pandemi

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen kepala madrasah dalam membina pendidikan karakter keagamaan di era digital. Studi ini menggunakan metode kualitatif. Kepala Madrasah Tsanawiyah Ali Imron in di jalan Bersama no. 19-21, Gg. Dahlia Bandar Selamat menjadi sampel utama dalam penelitian ini, teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi, analisis data hasil penelitian menggunakan reduksi teknik, triangulasi dan penarikan kesimpulan dari data penelitian. Berdasarkan penelitian ini, disimpulkan bahwa kepengurusan kepala negara Madrasah Tsanawiyah dalam membina pendidikan karakter religius diera digital dengan mengarah pada sisi psikologis siswa yang memiliki implikasinya terhadap perilaku, pembentukan karakter pada anak dilakukan secara untuk menciptakan siswa yang memiliki pengetahuan dan perilaku yang baik. Itu karakter siswa Tsanawiyah memiliki nilai-nilai yang datang dari Pancasila, agama, budaya, dan tujuan pendidikan nasional yaitu jujur, toleransi, religius, disiplin, kerjasama, kreatif, demokrasi,kemandirian, semangat kebangsaan, rasa ingin tahu, cinta tanah air, bersahabat, komunikatif, menghargai prestasi,cinta damai, peduli lingkungiran, gemar membaca, peduli sosial, dan bertanggung jawab.Religiusitas siswa ditunjukkan dengan sikap atau perilaku patuh dalam menjalankan ajaran agama yang dianutnya, bersikap toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama dan hidup rukun dengan umat dari agama lain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen kepala Madrasah Tsanawiyah dalam membina pendidikan karakter religius telah berjalan dengan baik dengan perencanaan, pengorganisasian,pelaksanaan dan evaluasi sangat baik. Teknologi informasi membantu memudahkan segala aktivitas manusia,temu kembali informasi, menyampaikan informasi dan literasi tentang penambahan pengetahuan dalam pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi,sehingga siswa dapat belajar dengan memanfaatkan sumber belajar secara maksimal.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Akmalia, R., & Kurnia, H. (2021). Problematika Guru dalam Penyusunan Perangkat Pembelajaran Daring Dimasa Pandemi Covid-19 di SMP Binajaya, Bantul. AL-IRSYAD, 11(2), 300-312.

Afrizal. (2015). Metode Penelitian Kualitatif Sebuah Upaya Mendukung Penggunaan Penelitian Kualitatif Dalam

Berbagai Disiflin Ilmu. Rajawali Pers.

Amirulloh Syarbini. (2015). Buku Panduan Guru Hebat Indonesia. Ar-Ruzz Media.

Arifin M. Dan Barnawi. (2012). Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah. Ar-Ruzz Media.

Lubis, R. N. (2018). Konsep Evaluasi dalam Islam. SABILARRASYAD: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kependidikan, 3(1).

Unduhan

Diterbitkan

30-06-2022

Cara Mengutip

Putri Lubis, S., Rambe, N. Z., Siregar, S., & Damanik, A. G. (2022). MANAJEMEN KEPALA MADRASAH DALAM MENUMBUHKAN PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA MASA PANDEMI COVID-19. IKAMAS: Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 42–46. Diambil dari https://ikamas.org/jurnal/index.php/ikamas/article/view/22