PERAN MANAJEMEN LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM DALAM MENGHADAPI TANTANGAN GLOBAL DI MTs BINA TARUNA MARELAN

Penulis

  • Nadia Anggraini UIN SUMATERA UTARA
  • Ihsan Suraini
  • Lusi Maghfiroh
  • Rio Febriyan

Kata Kunci:

Manajemen lembaga pendidikan, Tantangan Global, Manajemen Pendidikan Islam

Abstrak

Globalisasi membawa dampak perubahan yang sangat signifikan terutama terhadap perubahan dari perilaku setiap individu. Kaitan antara globalisasi dan pendidikan terletak pada lahirnya suatu masyarakat baru yang ditandai dengan “knowledge-basedsociety” yang merupakan dasar dari globalisasi ekonomi dan politik yang terus-menerus berubah dan memerlukan sikap reflektif dari manusia yaitu kemampuan untuk merenungkan mengenai kehidupannya berdasarkan rasio. Untuk itu pendidikan sangat penting dalam mewujudkan masyarakat masa depan yang berdasarkan ilmu pengetahuan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran manajemen lembaga pendidikan islam dalam menghadapi tantangan global di sekolah MTs Bina Taruna Marelan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan observase, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian di MTs Bina Taruna Marelan ini adalah: (1) Tantangan Globalisasi Manajemen Lembaga Pendidikan Islam Di MTs Bina Taruna Marelan; (2) Model Manajemen Lembaga Pendidikan Islam Di MTs Bina Taruna Marelan; (3) Dampak Globalisasi Pada Pengelolaan Pendidikan Di MTs Bina Taruna Marelan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Chotimah, C., & Fathurrohman, M. (2014). Komplemen Manajemen Pendidikan Islam: Konsep Integratif Pelengkap Manajemen Pendidikan Islam. Yogyakarta: Teras.

Efferi, A. (2017). Mengelola Lembaga Pendidikan Di Era Global (Pegegeran Paradigma Humanis Menjadi Bisnis). Jurnal Pendidikan Islam. Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Kudus.

Himayaturohmah, E. (2017). Strategi Pengembangan Manajemen Pengelolaan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (Pkbm) Di Provinsi Riau. Jurnal Penjamin Mutu, 3 (1), 100-110.

Mulkhan, dkk. (2015). Pendidikan Islam dan Tantangan Globalisasi. Yogyakarta: Presma UIN Yogyakarta.

Muljawan, A. (2019). Model dan Strategi Manajemen Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Asy-Syukriyyah:20(2). 60-63.

Riyuzen. (2017). Strategi Pengelolaan Lembaga Pendidikan Islam. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam:8 (2). 145-165.

Sodiah. (2016). Manajemen Lembaga Pendidikan Islam Berbasis Masyarakat dan Sekolah. Jurnal Sosial Budaya. 89-100.

Shalhan, dkk. (2013). Manajemen Pendidikan Islam. Yogyakarta: Teras.

Suwarsono, M. (2013). Manajemen Strategis, Konsep dan Alat Analisis. Jakarta, UPP STIM YKPN.

Unduhan

Diterbitkan

30-06-2022

Cara Mengutip

Anggraini, N., Saraini, I., Maghfiroh, L., & Febriyan, R. (2022). PERAN MANAJEMEN LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM DALAM MENGHADAPI TANTANGAN GLOBAL DI MTs BINA TARUNA MARELAN. IKAMAS: Jurnal Informasi Keagamaan, Manajemen Dan Strategi, 2(1), 70–75. Diambil dari https://ikamas.org/jurnal/index.php/ikamas/article/view/30

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama