KEBIJAKAN SERTIFIKASI GURU DI SMK KARYA PEMBANGUNAN DELI TUA

Penulis

  • Titi Nuraini

Kata Kunci:

kebijakan, sertifikasi guru

Abstrak

Sertifikasi guru merupakan salah satu cara dalam dunia pendidikan untuk meningkatkan kualitas dan profesionalitas seorang guru, sehingga ke depan semua guru harus memiliki sertifikat sebagai lisensi atau ijin mengajar. Dengan demikian, upaya pembentukan guru yang profesional di Indonesia segera menjadi kenyataan seperti yang diharapkan. Kebijakan sertifikasi guru mengacu pada Undang-undang guru dosen nomor 14 tahun 2005 bertujuan menentukan kelayakan guru dalam melaksanakan tugas sebagai pendidik profesional, meningkatkan proses dan hasil pembelajaran, meningkatkan kesejahteraan guru, serta meningkatkan martabat guru, dalam rangka mewujudkan pendidikan nasional yang bermutu. Tujuan tersebut dapat tercapai melalui proses implementasi yang efektif yang dapat dilihat dari ketepatan kebijakan, ketepatan pelaksanaan, ketepatan target, ketepatan lingkungan dan ketepatan proses. Artikel ini membahas salah satu lembaga pendidikan yang telah menggunakan sertifikasi guru untuk meningkatkan kualitas guru di sekolah tersebut yang mana lembaga pendidikan ini disebut dengan SMK Karya Deli Tua.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Akmalia, Rizki. 2018. “Membangun Great Team Dan Great Players Menuju Perubahan Yang Inovatif Dan Kreatif Di Satuan Pendidikan Islam.” Sabilarrasyad: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Kependidikan III (01): 1–11. https://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/sabilarrasyad/article/viewFile/466/456

Departemen Pendidikan Nasional. (2006). Undang-undang Republik Indonesia, No. 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Draft Permendiknas tentang sertifikasi.

E. Mulyasa, Menjadi Guru yang Profesional (Menciptakan Pembelajaran yang Kreatif dan Menyenangkan), cetakan kesebelas, Bandung:PT. Remaja Rosdakarya Offset, 2011.

--------------, Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru, cetakan keenam, Bandung:PT. Remaja Rosdakarya Offset, 2012.

Jones, J., Jenkin, M., & Lord, S. 2006. Developing effective teacher performance. (London: Paul Chapman Publishing).

Kunandar. 2007. Guru Profesional: Implementasi KTSP dan Sukses Dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Muhammad Nurdin, Kiat Menjadi Guru Profesional, cetakan I, Jogjakarta: Ar-ruzz Media Group, 2008.

Ovi Arista. 2014. Komitmen Guru Sertifikasi Dalam Melaksanakan Tugas Mengajar Di Sekolah Menengah Atas Negeri Kecamatan Pauh Padang, Jurnal Administrasi Pendidikan , Volume 2 Nomor 1.

Sutopo, 2000, Metode Penelitian Kualitatif, Surakarta, Sebelas Maret University Press

Unduhan

Diterbitkan

30-06-2021

Cara Mengutip

Nuraini, T. (2021). KEBIJAKAN SERTIFIKASI GURU DI SMK KARYA PEMBANGUNAN DELI TUA. IKAMAS: Jurnal Informasi Keagamaan, Manajemen Dan Strategi, 1(1). Diambil dari https://ikamas.org/jurnal/index.php/ikamas/article/view/71