MENATA PENDIDIKAN ISLAM DI SMP NEGERI 1 KOTAPINANG

Penulis

  • Dea Ayu Puspita

Kata Kunci:

penataan pendidikan, pendidikan islam

Abstrak

Setiap kegiatan pendidikan, memerlukan pelaksanaan langkah-langkah ataupun strategi untuk mencapai tujuan dan harapan yang secara efektif dan efisien bagi setiap organisasi, departemen, madrasah dan lain sebagainya. Seperti halnya yang dipaparkan oleh Ahmad Sutarmadi bahwa kekuatan terbesar yang dapat membawa kemajuan dalam kehidupan manusia ialah keinginan dan harapan yang sangat besar yang hidup dan dimiliki oleh masyarakat.  Hal itu dapat dijelaskan bahwa, tidak ada satupun yang dapat menghalangi gelombang besar yang berupa ideologi yang hidup dalam masyarakat, yang dimana ideologi itu ialah visi dan misi. Dengan adanya visi dan misi yang tepat, maka suatu organisasi (lembaga pendidikan) dapat bergerak maju menuju masa depan dan dapat berkembang, dan berproses.  Hal tersebut memberikan arti bahwa betapa pentingnya visi dan misi dalam suatu penataan di organisasi (lembaga pendidikan). Artikel ini membahas fenomena yang terjadi  mengenai masalah yang berkembang terkait dengan penataan pendidikan Islam ataupun konsep pendidikan Islam yang ada di SMP Negeri 1 Kotapinang. 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Akmalia, Rizki. 2018. “Membangun Great Team Dan Great Players Menuju Perubahan Yang Inovatif Dan Kreatif Di Satuan Pendidikan Islam.” Sabilarrasyad: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Kependidikan III (01): 1–11. https://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/sabilarrasyad/article/viewFile/466/456.

Danim, Sudarwan. 2007. Visi Baru Manajemen Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Furchan. Arief. 2004. Transformasi Pendidikan Islam di Indonesia. Yogyakarta:

Gema Media

Hakim. Lukman. 2017. Penataan Pendidikan Islam Bermutu, a-Ta’lim. Jurnal

Pendidikan Agama Islam. 15:1

Malik. Fadjar A. 1999. Reorientasi Pendidikan Islam. Jakarta: Fajar Dunia

Muchsin, Bashori. dkk. 2009. Pendidikan Kontemporer. Cet. 1. Bandung: PT.

Refika Aditama

Nata. Abudin. 2001. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Logos Wacana Ilmu

Sutarmadi. Ahmad. 2002. Visi dan Misi dan Langkah Strategis pengurus DMI dan Pengelola Masjid. Jakarta: Logos

Unduhan

Diterbitkan

30-06-2021

Cara Mengutip

Puspita, D. A. (2021). MENATA PENDIDIKAN ISLAM DI SMP NEGERI 1 KOTAPINANG. IKAMAS: Jurnal Informasi Keagamaan, Manajemen Dan Strategi, 1(1). Diambil dari https://ikamas.org/jurnal/index.php/ikamas/article/view/72