Kebijakan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Lulusan Siswa di Madrasah Tsanawiyah Swasta (MTSS) Bina Taruna Medan

Penulis

  • Ahmad Raihan Azizi
  • Annisa Hanniyah
  • Risa Adela

Kata Kunci:

kebijakan kepala sekolah, mutu lulusan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kebijakan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu lulusan siswa di Madrasah Tsanawiyah Swasta  (MTsS) Bina Taruna Medan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptip dengan pendekatan kualitatif guna mengetahui penerapan kebijakan kepala sekolah  dalam meingkatkan mutu lulusan siswa di Madrasah Tsanawiyah Swasta (MTsS) Bina Taruna  Medan. Berdasarkan hasil penelitian, bentuk kebijakan kepala sekolah di madrasah ini dalam meningkatkan mutu lulusan siswa adalah berusaha dengan maksimal untuk meningkatkan pendidikan sesuai dengan visi, misi serta berlatar belakang kepada pendidikan madrasah yaitu pendidikan karakter sesuai dengan nilai – nilai islam. Dengan bentuk kebijakan dalam upaya peningkatan hasil mutu lulusan siswa yang dilakukan tersebut dapat dipahami, bahwasannya kebijakan yang dilakukan oleh Kepala Madrasah dalam upaya meningkatkan hasil mutu lulusan siswa di Madrasah Tsanwiyah Swasta (MTsS) Bina Taruna Medan, berorientasi pada penguatan pendidikan karakter yang berlatar belakang pendidikan Madrasah yaitu pendidikan Islam.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Salim, Syahrum. (2007).Metodologi Penelitian Kualitatif.Cita Pustaka Media. Bandung.

Acces http://repository.uinsu.ac.id 21:48 WIB. 28/06/2022

Arif Rohman . “Politik Ideologi Pendidikan”. Yogyakarta: Laksbang Mediatama..(2009).

Asmani, Jamal Ma’mur (2012)“Tips Menjadi Kepala Sekolah Propesinal” Jogjakarja Diva Press.

Asmani dan Jamal Ma’mur. “Tips Menjadi Kepala Sekolah Propesinal”

Budimansyah Dasim, (2009)“Paradikma Pembangunan Pendidikan Nasional,Konsep, Teori, dan Aplikasi Dalam Analisis Kebijakan Publik” Bandung: Widya Aksara Press.

Murni Yanto & Irwan Fathurrochman, “Manajemen kebijakan kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan” jurnal konseling dan pendidikan, Vol. 7, No. 3, 2019.

Muh. Fitrah, “Peran kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan”, Jurnal penjaminan mutu

Sukarman Purba, (2021) Analisis Kebijakan Pendidikan (Medan: Yayasan Kita Menulis)

Departemen Pendidikan Nasional, (2007), Kamus Besar Bahasa Indonesia, Cetakan keempat (Jakarta: Balai Pustaka)

Nanang Fattah, Pipih Latifah, (2014) Analisis kebijakan pendidikan, cetakan keempat (Bandung: Remaja Rosdakarya)

Unduhan

Diterbitkan

24-12-2022

Cara Mengutip

Azizi, A. R., Hanniyah, A., & Adela, R. (2022). Kebijakan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Lulusan Siswa di Madrasah Tsanawiyah Swasta (MTSS) Bina Taruna Medan. IKAMAS: Jurnal Informasi Keagamaan, Manajemen Dan Strategi, 2(2), 121–129. Diambil dari https://ikamas.org/jurnal/index.php/ikamas/article/view/54