Peranan Supervisor Pendidikan dalam Meningkatkan Profesionalitas Guru Madrasah Ibitidaiyah Swasta

Penulis

  • M Padeli Wibowo
  • M Faqih Abdillah Hrp
  • Rani Zaskia Ariesky
  • Malika Ayumi
  • Anti Annisa
  • Fara Nabila Tania
  • Inom Nasution

Kata Kunci:

Peranan Supervisor, Guru MIS

Abstrak

Fungsi dasar dari supervise adalah untuk memperbaiki situasi belajar mengajar disekolah agar lebih baik. Seorang supervisor merupakan orang yang berwenang melakukan pengawasan pada satuan pendidikan melalui usaha memantau, menilai, memberi bimbingan dan pembinaan secara efektif dan efisien dalam rangka mencapai tujuan pendidikan yang berkualitas. Apabila supervise ini dilaksanakan dengan baik, maka peningkatan kinerji semua komponen pendidikan akan menjadi baik, peranan guru dan tanggung jawab guru sebagai tenaga edukatif pun semakin meningkat. Kompetensi guru saat ini harus ditingkatkan lagi agar  martabat dan harkat guru tidak dilecehkan kembali. Peran guru mengajar ddan mendidik peserta didik dilakukan secara terus menerus dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan segi keterampilan supervise kependidikan dan kualitas kinerjanya.Peran keprofesionalan guru juga tidak lepas dari pentingnya Sumber Daya Manusia (SDM). Kata professional menunjukkan pada fungsi utama guru yang melaksanakan pengajaran secara professional. Dalam rangka melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya, seorang guru dituntut memiliki beberapa kemamuan dan keterampilan. Hanya saja tidak semua guru memiliki kinerja yang baik, sehingga perlu dilakukan berbagai macam upaya untuk meningkatkan kinerja guru tersebut.Peneltian ini merupakan penelitian tindakan. Subjek yang terlibat pada penelitian ini berjumlah 7 orang, 1 orang kepala sekolah dan 6 orang guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya peningkatan kinerja guru melalui supervise sekolah.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Akmalia, R. (2019). Pengaruh Perilaku Individu, Kelompok Dan Tim Kerja Terhadap Kinerja Guru Di Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Medan (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)

Alawiyah, F. (2018). Problematika Tata Kelola Guru dalam Implementasi Undang-Undang Guru dan Dosen. Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial, 9(1), 121–143.

Azmi, U. (2022). Peran Kepala Sekolah sebagai Supervisor dalam Mengembangkan Kompetensi Profesional Guru. NIẒĀMULILMI: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(1), 18–40.

Cecep, H., Subakti, H., Nurtanto, M., Purba, S., Hasan, M., Sakirman, R., Mulyadi, D., Muntu, D. L., Kato, I., & Karwanto, K. (2021). Manajemen Supervisi Pendidikan. Yayasan Kita Menulis.

Guru, A. P. (2019). Profesionalisme Guru. Profesi Kependidikan, 83.

Janah, R. (2013). Peran kepala madrasah sebagai supervisor dalam meningkatkan profesionalisme guru di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Babadan Ngajum Malang. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Kurniawan, A. (2017). Pengaruh motivasi kerja dan kesejahteraan guru terhadap kompetensi profesional guru pada MIN air joman dan MIS Binjai Serbangan Kabupaten Asahan. Pascasarjana UIN Sumatera Utara.

Ma’sum, M. A. (2017). Peran Supervisi Pendidikan Dalam Meningkatkan Profesionalitas Guru. Muróbbî: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(2), 35–50.

Marmoah, S. (2016). Administrasi dan supervisi pendidikan teori dan praktek. Deepublish.

Mulyana, Y. (2014). Peran Kepala Sekolah Dasar dalam Pengembangan Profesionalisme Guru. Triadik, 12(1), 93–102.

Purba, S., Purba, P. B., Mawati, A. T., Imron, Z., Purba, S. R. F., Purba, B., Karwanto, K., Purba, D. S., & Chamidah, D. (2021). Administrasi Supervisi Pendidikan. Yayasan Kita Menulis.

RI, K. P. N. (2019). Undang-Undang RI No. 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen.

Rosyada, D. (2017). Madrasah dan Profesionalisme Guru dalam Arus Dinamika Pendidikan Islam di Era Otonomi Daerah. Kencana.

Sirojuddin, A., Aprilianto, A., & Zahari, N. E. (2021). Peran Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Pendidikan Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru. Chalim Journal of Teaching and Learning (CJoTL), 1(2), 159–168.

Utami, N. R., Firdaus, E., Subakti, H., Purba, S., Salamun, S., Avicenna, A., Cecep, H., Cahyadin, W., Sakirman, S., & Salim, N. A. (2021). Supervisi Pendidikan. Yayasan Kita Menulis.

Zaini, M. H. A. (2022). Peran Kepala Sekolah Sebagai Supervisor untuk Meningkatkan Profesionalitas Guru. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(1), 1043–1050.

Unduhan

Diterbitkan

24-12-2022

Cara Mengutip

Wibowo, M. P., Hrp, M. F. A., Ariesky, R. Z., Ayumi, M., Annisa, A., Tania, F. N., & Nasution, I. (2022). Peranan Supervisor Pendidikan dalam Meningkatkan Profesionalitas Guru Madrasah Ibitidaiyah Swasta. IKAMAS: Jurnal Informasi Keagamaan, Manajemen Dan Strategi, 2(2), 149–157. Diambil dari https://ikamas.org/jurnal/index.php/ikamas/article/view/64

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama